Cara Mendapatkan Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Menurutdr UF Bagazi, SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, BrawijayaWomen and Children Hospital (BWCH), sebenarnya kelamin janin sudahterbentuk pada minggu ke-3 atau hari ke 21 setelah masa konsepsi.Kemudian, alat kelamin janin akan terus berkembang, dan umumnya padaminggu ke-21 kelamin sudah sempurna, ujarnya. Namun, menurut dr Bagazi,akurasi USG dalam memperlihatkan jenis kelamin bayi akan lebih optimalpada saat menginjak usia kehamilan 28 minggu atau sekitar 7 bulan.Mungkin, karena itulah ada mitos yang menyebutkan pantang bagi wanitahamil untuk membeli pernak-pernik bayi sebelum usia 7 bulan.
  1. Menurut dr. Bagazi juga, sebenarnya tidak ada faktor-faktor yang secaralangsung dapat mempengaruhi jenis kelamin janin. Meski demikian, adasejumlah kiat yang dapat diusahakan pasangan yang menginginkan anakdengan jenis kelamin tertentu, seperti : Sistem kalenderMenentukan masa subur dengan menggunakan sistem kalender ada dua cara yaitu :1. Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelumtanggal haid yang akan datang.2. Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklushaid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang,dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut.Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 8, diperoleh hari suburpertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklusterpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 - 8 = 18, jadimasa subur berlangsung pada hari ke 18 sampai hari ke 20.
  2. Metode lendir serviksDalam metode ini dinilai sifat dari lendir atau cairan yang dihasilkan oleh leher rahim atauserviks. Saat ovulasi atau masa subur, lendir serviks akan bertambah jumlahnya denganwarna yang jernih dan elastis. Saat ini wanita akan merasakan basah pada salurankelaminya. Untuk memeriksa elastisitas cairan serviks bisa dilakukan dengan caramemasukan jari telunjuk ke vagina sampai menyentuh serviks, lalu setelah jari terisi cairanserviks itu dikeluarkan dari vagina, dengan bantuan ibu jari, cairan itu ditarik sedemikianrupa (pelan-pelan) sampai putus. Bila terputus kurang dari 10 cm maka si wanita bukandalam masa subur, bila sampai kira kira 10 cm maka si wanita sedang dalam masa subur.
  3. Intervensi/inseminasiMemilih menggunakan cara ini, berarti Anda akan membutuhkan bantuan dokter. Istilahyang cukup populer dalam merencanakan jenis kelamin dengan intervensi adalahinseminasi. Dokter akan mengambil komponen sperma suami. Bila ingin anak laki-laki,maka komponen sperma yang diambil adalah yang kemungkinan akan menjadi anak lakilaki. Kemudian, sperma yang telah dipilih itu disuntikkan ke dalam rahim istri, begitupunsebaliknya bila menginginkan bayi perempuan. Meskipun pada banyak kasus cara ini cukupberhasil, tetap saja kegagalan dapat terjadi.
  4. Bayi tabung. Anda dapat menggunakan sistem Pre-implantation Genetic Diagnostic (PGD). Cara inicenderung lebih aman, karena dapat melakukan diagnostik mengenai faktor-faktorkemungkinan adanya kelainan pada janin dan bagi ibu yang berisiko. Setelah itu, barulahdilakukan screening. Selain dapat lebih memastikan jenis kelamin janin, juga dapatmemungkinkan terhindar dari berbagai kelainan. Di Indonesia, program bayi tabungdilakukan menggunakan sperma suami, dan melalui rahim istri. Sehingga, bayi yang akandilahirkan benar-benar anak kandung dari pasangan yang bersangkutan. Program bayitabung dapat diikuti oleh siapapun, terutama bagi pasangan yang kesulitan memiliki anak.

Seperti kita ketahui, setiap kali ejakulasi, laki-laki normal mengeluarkan sperma 2 sampai 5 semprotan. Dalam durasi tersebut, spermayang dihasilkan sekitar 2 sampai 5 cc. Sperma yang normal tiap ccmengandung 60 – 200 juta spermatozoa. Jadi setiap seorang laki-lakimengalami ejakulasi, 120 sampai 1 milyar sperma telah dikeluarkan daritubuhnya.Adapun sperma itu sendiri mempunyai dua gen yaitu, Androsperma yangjuga disebut gen Y dan Gynosperma yang bisa kita sebut sebagai gen X.Gen Y adalah gen yang memungkinkan kita seorang ibu mengandung anakperempuan, sedangkan gen X adalah sebaliknya. Jika suami dan istrisama-sama dominan gen X nya maka kemungkinan besar, keduanya akanmempunyai anak perempuan.

Tapi jika sang ayah dominan gen Y dan sangibu gen X maka kemungkinan besar anak yang dilahirkan adalah laki-laki.Ciri-ciri spermatozoa: Androsperma, membawa gen Y:- Bergerak lebih lambat.- Lebih mampu bertahan hidup lebih lama (berumur rata-rata kira-kira 2 sampai 3 hari).- Lebih tahan dalam ‘suasana’ asam.- Tidak tahan dalam ‘suasana’ basa.- Memiliki Berat Jenis (BJ) lebih ringan.

Gynosperma, membawa gen X:- Bergerak lebih gesit.- Hidup lebih singkat (berumur rata-rata kira-kira hanya 1 hari saja)- Tidak tahan dalam ‘suasana’ asam.- Lebih tahan dalam ‘suasana’ basa.- Memiliki Berat Jenis (BJ) lebih berat. Tabel dibawah ini juga akan membantu untuk memprediksi jenis kelamindari anak yang akan dilahirkan. Akurasi dari tabel dibawah telahdibuktikan oleh ribuan orang dan hal ini dipercaya sebagai 99%kebenarannya. Tabel ini diambil dari Royal Tomb dekat Peking, China.Original copy tersimpan di Institute of Science of Peking .

UMUR ISTRI (TAHUN)

18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45

Keterangan : P = Perempuan L = Laki-laki

Penjelasan : Anda dapat memilih musim atau bulan yang Anda inginkanuntuk mendapatkan bayi laki-laki atau perempuan dengan berpedoman padatabel di atas. Usia istri dari umur 18 sampai 45 tahun pada baris atasdari tabel, sedangkan kolom kiri dari tabel menunjukkan bulan pembuahandari anak yang diinginkan.

Dengan berpedoman pada tabel di atas Anda akan dapat memilih waktukapan harus berhubungan menurut jenis kelamin anak yang diinginkan.Jadi Anda dapat merencanakan untuk mempunyai anak laki-laki ataupunperempuan.

Contoh singkat : Jika istri berusia 27th dan bayinya dibuat pada bulanJanuari, berdasarkan tabel di atas, bayi yang akan dilahirkan adalahperempuan. Tabel di atas didasarkan pada bulan proses pembuahan bayi,bukan kelahiran dari bayi.

Keterangan : Ahli - ahli genetika China telah meneliti dan menyajikankembali tabel ini setelah terkubur lama di Royal Tomb selama 700 tahunyang lalu.

Tentu saja pilihan-pilihan di atas ditujukan bagi pasangan yang tidakmempunyai masalah dengan sistem reproduksinya. Dan satu hal yang tidakboleh dilupakan, manusia boleh berusaha, tapi Tuhan juga yangmenentukan.