Perkembangan Anak Usia 1 - 2 Tahun

Menginjak usia satu tahun, perkembangan seorang anak mulai berkembang dengan pesat.

Si kecil pun sudah mulai lasak meski masih dalam batas-batas kemampuannya.
1. Usia 13-14 Bulan: Kemampuan: - Mampu mengucapkan kata dan bahasa tubuh saat mengutarakan sesuatu. - Meniru apa yang membuatnya tertarik. - Bisa berdiri dan berjalan beberapa langkah tanpa dibantu.

2. Usia 15 Bulan: - Belajar menggunakan sendok. - Senang memainkan makanan dengan jarinya. - Suka corat coret. - Meniru tingkah orang lain. - Mulai senang berkumpul dengan anak-anak sebaya.

Perilaku usia 13-15 bulan: - Berjalan.

- Menggunakan peralatan seperti sikat gigi dan sisir, memegang botol, lebih gampang dipakaikan baju.

- Mengucapkan 4-6 kata yang dapat dimengerti, mengenali nama dan menunjuk ke orang yang ia kenal, tertawa saat melihat gambar lucu.

- Mulai mempelajari cara mencocokkan sesuatu.

- Mendorong dan menarik mainan ketika berjalan, melempar bola, permainan dengan menyentuh, mengosongkan laci dan mengambil isinya, menjelajahi bahu ayah, berbicara pada mainan, meniru suara binatang.

3. Usia 16-18 bulan
Kemampuan: - Mampu merespon perintah. - Belajar menyusun balok-balok. - Belajar membuka bajunya sendiri. - Senang memanjat. - Larinya mulai kencang.
Perilaku:
- Mengerti bahasa sederhana, mengendarai mainan beroda empat, mencoba menendang bola walau sering meleset, membuka laci, menurut ketika dipakaikan baju, mengonsumsi makanan berkuah.
- Mengatakan 10-20 kata yang bisa dimengerti.
- Mengamati bermacam bentuk, mengenali gambar di buku.
- Berlari walau kadang-kadang terjatuh.
- Mendorong kereta mainan, mengetukkan palu karet mainan, melakukan permainan bagian-tubuh "mana hidung", menari seirama dengan musik, memutar dan menekan kenop, bermain cilukba dan berkejaran.
Waspada Apabila: Belum bisa berkata setidaknya 15 kata.
4. 19-20 Bulan:
- Mulai melempar bola meski masih lemah. - Sudah mampu mengetahui arah datangnya suara. 5. 21 Bulan:
- Mengenal kata-kata lebih banyak. - Mulai senang merambati tangga.
6. 22 Bulan:
- Kosa katanya sudah hampir 200 kata. - Waktu tidurnya antara 10-12 jam, termasuk tidur siang.
7. 23 Bulan:
- Mulai mampu menyusun balok lebih banyak. - Belajar mengenakan bajunya sendiri. - Mengenali nama-nama bagian tubuh.
8. 24 Bulan:
- Mampu membuat kalimat pendek. - Mulai bisa diajak toilet training.
Perilaku usia 19-24 bulan:
- Lancar berjalan dan berlari, bisa memanjat keluar dari ranjangnya, membuka pintu, menaiki tangga tanpa bantuan.
- Mengerti bahasa sehari-hari. - Membuka bungkusan, mencuci tangan, duduk di kursi tanpa bantuan. - Mengatakan 20-25 kata yang bisa dimengerti. - Mencari tahu segala sesuatu sebelum melakukannya, menggambar lingkaran, membuat garis, mengerti dua perintah sekaligus. - Menarik kereta mainan, membantu di dalam rumah, berjungkir balik, berdiri di atas pijakan, menggunakan rak, meja, dan kursinya sendiri untuk bermain, "membaca" buku bergambar sambil membalik-balik halaman.
Waspada Apabila:
- Belum bisa berjalan. - Setelah bisa berjalan, berjalannya abnormal. - Belum bisa merangkai kalimat dari dua kata. - Belum tahu fungsi alat-alat yang sering dipakai di rumah seperti telepon, sendok, gelas. - Belum mampu menirukan gerakan tubuh atau kata. - Belum bisa menggerakkan mainan beroda.